Tanggulangi Bahaya Listrik, Mahasiswa KKN Sosialisasikan Pentingnya K3 Kelistrikan pada Karang Taruna Tunas Muda

Posted by: | Posted on: Februari 25, 2019

Penyampaian Materi K3 oleh Mahasiswa KKN di Pertemuan Karang Taruna Tunas Muda (Kiky)

 

Karang Taruna sebagai wadah pemuda dan pemudi menjadi penggerak aktif dalam suatu desa. Salah satu Karang Taruna yang aktif di Desa Tanjungharjo yaitu Karang Taruna Tunas Muda yang berada di Dusun Pakem. Karang Taruna yang berdiri sejak 2014 ini dipimpin oleh Wareh sebagai ketua Pemuda dan Intan sebagai ketua Pemudi.

 

Sabtu, 2 Februari 2019 bertepatan dengan Rapat Bulanan Karang Taruna, tim KKN Undip mengadakan penyuluhan Keamanan Keselamatan Kerja (K3) Kelistrikan untuk meningkatkan kesadaran generasi milenial dalam bertindak secara tepat dan hati-hati dalam setiap aktivitas dengan perangkat yang berhubungan dengan arus listrik. Dalam penyuluhan ini dipaparkan kesalahan umum yang biasa dilakukan masyarakat dalam mengoperasikan perangkat dan kiat dalam keamanan kelistrikan supaya tidak terjadi kecelakaan kerja berupa sengatan, hubung singkat, maupun kebakaran. Sesi diskusi dilakukan dengan tanya jawab seputar K3 kelistrikan dan sekaligus pemaparan materi tambahan berupa pelatihan pembuatan powerbank ramah lingkungan dengan panel surya. Peserta yang aktif diberikan satu set panel surya dan modul powerbank.

 

Karang Taruna merupakan sasaran yang tepat dalam penyuluhan ini, sehingga diharapkan mereka dapat meneruskan kepada keluarga dan masyarakat dalam kesadaran akan Keamanan Keselamatan Kerja Kelistrikan.





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *